Perjalanan Karier Vina Panduwinta


Vina Dewi Sastaviyana Panduwinata (lahir di Bogor, Jawa Barat, 6 Agustus 1959, lebih dikenal dengan nama Vina Panduwinata) adalah salah satu diva musik pop Indonesia. Lagu terkenal "Si Burung Camar".

Vina dibesarkan dalam keluarga pecinta musik. Vina menurun bakat menyanyi dari ibunya yang berdarah Ambon - Manado, Albertine Supit. Sejak masa kanak-kanak sering menyatakan Vina menetap mengikuti tugas ayahnya, R Panduwinata, sebagai diplomat. Vina SD hari sekolah dihabiskan di Bogor dan New Delhi, India. SMP dia habiskan di Bogor dan Wassenaar, Belanda. Setelah memasuki SMA, Georgina pindah ke Jerman Barat. Di sana, anak kedelapan dari 10 bersaudara telah belajar selama empat tahun di Sekolah Musik Yamaha.

Vina pernah membuat label rekaman RCA tunggal di Hamburg, Jerman, yaitu Java dan Bar Tunggal (1978) dan Maaf, Maaf dan Touch Me (1979). Pada tahun 1981, Sunda berdarah wanita-Ambon Manado dikembalikan ke Indonesia dan bertemu dengan musisi yang tertarik Mogi Darusman Vina dan memperkenalkan vokal pada berbagai perusahaan rekaman. Catatan yang akhirnya menarik Jackson membuat album Vina. Dalam album pertama Jackson berjudul Catatan Citra Biru (1981).

Album yang berisi lagu 'Citra Biru' adalah memperkenalkan Vina musik di negeri ini. Album kedua dirilis setahun kemudian bertajuk Citra Pesona (1982) melibatkan pencipta lagu seperti Dodo Zakaria, James F Sundah, ditambah musik arranger Addie MS album yang memulai melambungkan nama Georgina berisi lagu-lagu seperti 'September Ceria, Dunia Yang Kudamba, Resah dan Kasmaran. Citra album ketiga Ceria (1984) juga berhasil merangkul simpati dengan lagu 'Di Dadaku Ada Kamu', 'Duniaku Tersenyum, dan' Diantara Kita.

Melalui albumnya "Burung Camar" (1985), namanya lebih menonjol. Lagu dengan judul yang sama untuk album sebagai ikon sendiri, dengan judul 'Si Burung Camar Vina'. Di luar album, menang di festival Vina. Tiga kali berturut-turut ia meraih yang terbaik yang tampak penyanyi di Song Festival Nasional populer. Tahun 1983 ia memenangkan melalui lagu 'Baginya pujian' penciptaan dan Irianti Erningpradja Soetama Adji.

Kemudian 'Aku Melangkah Lagi' (Gondowidjojo Santoso, 1984), dan "Burung Camar" (Aryono Huboyo Djati dan Iwan Abdulrachman, 1985). 1.987 Vina tetap prima lewat album "Cium Pipiku" yang meliputi lagu-lagu populer seperti 'Cium Pipiku', 'Surat Cinta,' Biru, 'dan' Logika '. 1990, Georgina tetap populer melalui lagu-lagu seperti 'Rasa Sayang ITU Ada' pada tahun 1991. Dari tahun 1992 single 'Mutiara Yang Hilang' Ernie Djohan pernah dipopulerkan pada akhir tahun 1960.

Vina juga berduet dengan Broery Pesulima melalui lagu 'Bahasa CINTA'. Vina juga mempopulerkan lagu ciptaan Loka M Prawiro, "Aku Makin Cinta. Bahkan lagu jingle iklan menjadi setetes merek sabun. Setelah malang di seluruh dunia musik country selama 25 tahun dan puluhan menelurkan album, single Vina menggelar konser bertajuk Viva Vina pada 18 Februari 2006.

Dalam konser yang juga dihadiri oleh selebriti seperti Guruh Megawati, maestro Idris Sardi, Titiek Puspa, Ruth Sahanaya, dan diva Malaysia, Sheila Majid, Vina membawakan 23 lagu selama tiga jam pertunjukan. Dalam konser, didukung oleh konduktor yang sangat baik, Addie MS, hampir semua pencipta lagu Vina berkumpul. Di antara Oddie Agam, Randy Anwar, Aminoto Kosim, Katon Bagaskara, James F Sundah, Deddy Dhukun, Adjie Soetama, dan Fariz RM.

Setelah sukses menggelar konser solo, Vina kembali merilis album terbaik tersebut berisi lagu-lagu hit 1981-2006. Dalam album ini, Vina memilih sebuah lagu yang berjudul 'Sejujurnya, sebagai album tunggal. Perjalanan panjang untuk menjadi lengkap ketika musik Vina Anugerah Musik Indonesia (AMI) memberikan penghargaan Lifetime Achievement pada tahun 2006. Vina mendapatkan penghargaan atas dedikasi dan prestasi sepanjang hidupnya.


Discografi

* Citra Biru - 1980
* Citra Pesona - 1982
* Citra Ceria - 1984
* Cinta - 1986
* Cium Pipiku - 1987
* Bahasa Cinta - 1987 - (Duet with Broery Pesulima)
* Surat Cinta - 1988
* Nurlela - 1989 : feat RUMPIES
* WOW - 1989
* Rasa Sayang Itu Ada - 1991
* Aku Makin Cinta - 1996 : feat Lydia Nursaid & Mus Mujiono
* Vina 2000 - 2000
* Bawa Daku - 2001
* Vina for Children - 2002
* Vina Terbaik 1980-2006 - 2006


The Best Of Vina Panduwinata

Dia
Burung Camar
Kumpul Bocah
Surat Cinta
Logika
Bawa Daku
September Ceria
Aku Melangkah Lagi
Aku Makin Cinta
Bahasa Cinta feat Broery Pesulima
Citra Biru
Cinta Indonesia
Kisah Insani feat Chrisye
Diantara Kita
Biru
Resah
Di Dadaku Ada Kamu
September Ceria
Aku Makin Cinta
Satu Dalam Nada
Sejujurnya
Wow
Cium Pipiku
Dunia Yang Kudamba

0 Responses

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...